Kakorlantas Mabes Polri Memberlakukan Kembali Tilang Manual Sesuai Peraturan Telegram bernomor: ST/1044/V/HUK. 6.2/2023 tertanggal 16 Mei 2023

BidikHukumNews.com – Kakorlantas Mabes Polri memberlakukan kembali tilang manual. Dengan demikian, polisi tetap dilarang menggelar razia di tempat tertentu, Kamis (25/5/2023).

Peraturan ini tertuang dalam Surat Telegram bernomor: ST/1044/V/HUK. 6.2/2023 tertanggal 16 Mei 2023.

Aturan tersebut ditandatangni Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi, yang ditujukan kepada jajaran polisi lalu lintas (Polantas).

Diterangkan, Polantas agar mengoptimalkan penindakan pelanggaran lalu lintas lebih humanis dan memanfaatkan ETLE (tilang elektronik) di wilayah masing-masing.

Kasatlantas Polresta Bandarlampung, Kompol Ikhwan Syukri, menuturkan pihaknya tentu akan mematuhi aturan yang ada.

“Sebetulnya sebutan tilang manual tidak ada. Akan tetapi, tilang di tempat. Pelaksanaan kegiatan penindakan tetap dengan cara hunting atau patroli,” tuturnya, Kamis (25/5/2023)

Selain itu di berikan saat personil melaksanakan tugas peraturan lalulintas dan melihat dan melihat langsung terjadinya pelanggaran.

Pada saat pemberian tilang personil harus menjelaskan kesalahan pengguna jalan, dan ia meminta masyarakat tidak menawarkan uang damai kepada personil yang bertugas di lapangan, dan silakan ikut sidang untuk yang tertilang, di tempat atau membayar denda diBank BRI. imbuhnya